Pengertian Dan Jenis Jenis Microkontroler

Pengertian Microkontroler

Jenis Jenis Microkontroler
Jenis Jenis Microkontroler
Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip yang terdiri dari inti prosesor,memori dan perlengkapan input-output. Mikrokontroler merupakan salah satu sari sebuah sistem komputer. Sama hal nya pada komputer,mikrokontroler adalah alat yang mengerjakan intruksi-intruksi yang diberikan kepadanya.

Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus.

Macam-Macam Mikrokontroler

Secara teknis mikrokontroler di bagi dalam 2 macam, yaitu :

1. RISC (Reduced Intruction Set Computer) memiliki intruksi yang terbatas, tetapi memiliki fasilitas yang lebih banyak.

2. GISC (Complex Intruction Set Computer) memiliki intruksi yang lebih lengkap, tetapi memiliki fasilitas secukupnya.

Jenis Mikrokontroler yang umum digunakan 

a. Arduino

Arduino adalah kit elektronik open source yang terdiri dari komponen utama sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.

b. ARM Cortex-M0

ARM (Advance RISC Machine) adalah prosesor dengan arsitektur set intruksi 32bit RISC yang dikembangkan oleh ARM Holdings.

c. AVR

AVR adalah jenis mikrokontroler yang paling sering digunakan dalam bisang elektronika dan instrumentasi. AVR merupakan mikrokontroler RISC 8bit.

d. Family MCS51

MCS51 ini termasuk ke dalam keluarga mikcrokontrorler CISC yang sebagian intruksinya dieksekusi 12 siklus clock. Kemampuan mikrokontroler ini adalah logika boolean tingkat bit dapat dilakukan secara lansung dan efisien dalam register internal dan RAM. Karena itulah MCS51 ini buat untuk rancangan awal PLC (Programmable Logic Control).



Agar sebuah mikrokontroler dapat berfungsi, mikrokontroler tersebut memerlukan komponen eksternal yang kemudian disebut dengan sistem minimum.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian Dan Jenis Jenis Microkontroler di blog Robotika Pemula jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com